Monday 31 August 2015

One Day Tour Phi Phi Island

Welcome to Aonang

Setelah semalem dapet tour operator untuk one day tour ke Phi Phi island dan sekitarnya, hari ini kita dijadwalkan dijemput oleh pihak tour operator di hotel tempat kita menginap. Menurut jadwal sih di jemput jam 8 Pagi, tapi dari jam 8 kita udah siap2 depan hotel ternyata belom di jemput juga dan ada pasangan bule juga ternyata yang ikut tour ke phiphi menggunakan baracudas. Mereka berdua udah keliatan bete banget nungguin sama kayak kita yang saking lama nya udah iseng aja maenin fasilitas gym yang ada di depan beranda hotel. Akhirnya mobil jemputan nya dateng juga sekitar jam 9 (ngaret banget ya).

Dari Hotel ternyata kita masih harus jemput beberapa peserta tour juga dan kemudian turun di depan pantai aonang untuk registrasi ulang. Disana kita nunjukkin kuitansi pembayaran dan kemudian di kasih stiker dengan warna yang berbeda. Masih bertanya2 itu stiker gunanya buat apaan eh ternyata stiker dengan warna yang berbeda menandakan pembagian kelompok, kapal dan guide nya. Jadi satu warna stiker untuk satu rombongan. Kita dapet stiker warna ijo dan guide kita namanya alex.

Setelah semua siap, alex ngumpulin kita buat naek speedboatnya. Sebelum naek ke speedboat si alex ngasih pengarahan dan juga do’s and don’t. Sebelum naek kapal kita harus ngelepas sendal dan ditaroh di jaring2 khusus sendal yang udah disedian. Sebelum naek kapal kaki dan badan kita harus udah bersih dari pasir. Kata alex kalo masih ada pasir dan ngotorin kapal nanti kita di denda 5 Baht untuk setiap pasir nya..Hahah yang bener aja lex?

Semua sudah siap and here we go..!!!
Kita memilih duduk di depan kapal dengan asumsi bisa foto2 dengan leluasa..ternyata eh ternyata salah besar..di depan itu kan gak ada atepnya dan matahari nya gahar banget. Foto2 juga gak bisa soalnya si alex ngomel2 kalo kita berdiri dan harus pake life jacket. Sebenernya bagus sih buat keselamatan kita tapi yaaa jadi nyesel duduk di depan..mending di dalem gak kepanasan (mau dingin dirumah aja rioo) haha.

Speedboat Bagian Depan

First stop kita adalah bamboo island, tapi sebelum nyampe bamboo island kita ngelewatin chicken island tapi gak mampir soalnya kalo mau mampir kesana paket nya beda lagi. Bamboo island ini gak terlalu luas sih tapi lumayan bagus, pasirnya putih dan pulaunya bersih. Tapi jangan nyari taneman bambu ya disini, gak bakal ketemu..Cuma namanya doang bamboo island. Walaupun panas ya kita tetep foto2 dan nyari spot yang agak sepi.

Bamboo Island

Setiap tempat yang di kunjungin kita dikasih waktu kurang lebih 45 menit - 1 Jam. Sebenernya gak puas sih tapi ya mau gimana lagi namanya aja ikut paketan. Kalo pergi sendiri lumayan mahal cost nya. Dari Bamboo island selanjutnya kita ke Viking Cave, disini cuma liat2 aja dari speedboat dan gak begitu menarik kalo menurut gw. Dari viking cave kita ke Lohsamah Bay dan Pileh Bay. Kedua bay ini gw suka banget!! Lagoon nya biru dan alami banget. Tapi sayang di kedua bay ini Cuma muter2 aja, kirain bakalan snorkling disini ternyata nggak, lagian gak bisa snorkling juga soalnya di lohsamah dan pileh ini rame banget speedboat dan longtail boat seliweran.

Viking Cave

Pileh Bay

Selanjutnya kita ke tujuan utama kita yaitu Maya Bay!!! Langsung berasa jadi Leonardo Dicaprio, haha. Dari kejauhan udah excited banget kan ya..aakk maya bay..maya bay...eh pas udah mendekati maya bay langsung kaget..buseet itu yang renang rame banget kayak cendool. Ya begitulah resiko ke maya bay pada saat peak hours. Sebenernya kalo mau ke maya bay tapi gak pada saat rame, ada baiknya kita nginep di phi phi don yang merupakan pulau terdekat. Dari phi phi don kita bisa sewa kapal tradisional seperti longtaik boat menuju maya bay di waktu pagi hari dibawah jam 10. Karena kalo udah jam 10 keatas, maya bay bakalan diserbu oleh pengunjung yang dateng dari krabi dan phuket.

Maya Bay
Instagram-able

Maya Bay (Sepi Version)
Maya Bay (Rame Version)

Impian foto ala2 instagram agak gagal dikarenakan “bocor” dimana2. Tapi dengan segala upaya (lebay) akhirnya nemu juga moment sepi nya, sebenernya bukan sepi tapi diakalin aja. Jadi keliatan agak sepi gitu..krik. Foto ala2 instagram udah, selanjutnya kita foto di tulisan taman nasional nya dan itu pun harus ngantri!!! Penuh perjuangan banget deh pokoknya kalo ke maya bay saat peak hours. Oh iya gw sempet baca kalo di belakang maya bay ada semacam lagoon juga dan dijadiin pintu masuk juga buat kapal gede yang gak bisa nyandar dari depan. Jalan kaki sedikit kedalem dan ketemu lah lagoon nya. Ternyata disana banyak yang snorkeling juga tapi sayangnya waktu kita terbatas jadi cuma foto2 doang.

Belakangnya Maya Bay

Dari maya bay speedboat agak ke depan di seberangnya maya bay, ternyata disana spot snorkeling nya. Dari atas sih air nya jernih banget..biru2 seger gitu..tergoda lah gw buat turun dan ternyata...dalemnya biasa aja cuy..ikannya sih banyak tapi gak beragam dan terumbu karangnya ada tapi pada mati kali yak..kalo kata temen gw bagusan di pahawang ih *mulai nyinyir. Kalo di tanya nyesel nggak? Ya nggak dong! Yang penting itu kita udah kesana dan merasakan sendiri pengalamannya.

Snorkeling (Biruuuuuu)
Depan Maya Bay Sebelum Snorkeling

Selesai snorkeling lanjut ke monkey beach yang banyak monyet2 nya gitu nyet. Tapi Cuma ngeliat dari jauh doang. Si alex tereak2 ada yang mau snorkling lagi gak? Trus pada jawab No!!! Kalo gak snorkeling kita lanjut ke phi phi don dan langsung makan siang..dan satu kapal pada jawab Yes!!!! Haha dasar ih pada kelaperan ternyata. Si alex pun pasrah dan geleng2 kepala. Sabar ya lex!

Di phi phi don sekitar 2 Jam dan disana kita dijadwalkan makan siang. Makan siang sudah termasuk dalam paket tour. Alhamdulillah rata2 makanannya halal dan yang membuat kita bahagia adalah ALL YOU CAN EAT!! Makanannya enak2 euy, mulai dari olahan seafood, tom yam favorit gw dan ada juga western food. Sebenernya kalo mau hemat bawa lunch box aja trus masukin deh beberapa makanan, lumayan kan buat dibawa pulang. Eits tapi jangan bilang dapet tips dari gw yah. Ahahah

Perut udah kenyang selanjutnya kita balik ke dermaga. Tapi kayaknya waktunya masih banyak dan tanpa di komando kita nyari spot2 foto yang keren di pinggir pantai phi phi don. Alhasil keenakan pose sana sini kita baru sadar udah waktunya pulang, tapi kok dari kejauhan kapal nya masih sepi2 aja dan setelah naek ke kapal ternyata eh ternyata semua udah di kapal dan mereka nungguin rombongan kita. Ahah jadi malu deh diliatin dengan muka sinis oleh semua orang di dalem kapal, untung gak disorakin rame2.

Phi Phi Don

Dari phi phi don kita pulang ke aonang dengan waktu sekitar 1,5 jam. Speedboat nya ngebut banget dan berguncang beberapa kali, berasa naek travel di jalan lintas timur sumatera yang banyak batu2 nya. Kira2 begitulah rasanya. Untung gw nggak mabok laut dan dibawa tidur aja. Bangun2 udah nyampe di nopharat beach ao nang. Ternyata berhenti nya gak sama di tempat kita naek pagi tadi. Dari nopharat beach kita di data ulang berdasarkan hotel tempat menginap dan kemudian dianter ke hotel masing2. Tour berakhir jam 5 Sore dan akhirnya mimpi ke maya bay jadi kenyataan.